Jaga Keselamatan, Pertamina Joint Tabletop Exercise “Security & Medical Evacuation” dari Irak

  • Whatsapp

JAKARTA- PT Pertamina Irak Eksplorasi dan Produksi (PIREP), anak usaha PT Pertamina Internasional EP (PIEP), konsisten meningkatkan kemampuan organisasi melalui pelatihan tanggap darurat (emergency response organization/ERO) dalam menghadapi ancaman keamanan dan kesehatan Pekerja di lapangan migas West Qurna 1, Irak, Selasa, (21/03)

Pelatihan bersama tanggap darurat keamanan di lokasi kerja dan kesehatan dengan melakukan penarikan atau evakuasi Pekerja dari negara Irak ke negara yang lebih aman ini dilaksanakan secara hybrid di ruang Business Support Team (BST) atau Pusat Komando Pengendalian (PUSKODAL) di lantai 12 Gedung Patra Jasa dan secara virtual dengan aplikasi M-Teams.

Kegiatan pelatihan ditujukan kepada anggota BST, Incident Management Team (IMT) dan Pekerja PIREP serta Kementerian Luar Negeri Republik Indonesia (Kemlu RI), Direktorat Pelindungan Warga Negara Indonesia (PWNI) dan Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) yang secara antusias berpartisipasi selama pelatihan berlangsung. Diikuti oleh 56 orang, yang terdiri dari beberapa kelompok yaitu PIEP Jakarta dan PIREP Irak, Kemlu RI; Direktorat PWNI Jakarta, KBRI Baghdad, KBRI Kuwait City dan KBRI Abu Dhabi, Pengamat; HSSE PHE, Zona 15 PT Pertamina Algeria EP (PAEP) dan Zona 17 PT Pertamina Malaysia EP (PMEP).

Judha Nugraha selaku Direktur PWNI dan Badan Hukum Indonesia (BHI) Kementerian Luar Negeri RI, mengatakan, “kami mempunyai tanggung jawab yang sama untuk menangani dan melindungi Warga Negara Indonesia. Sistem manajemen tanggap darurat yang dibangun oleh Region 5 PIEP dan PIREP sudah terlihat baik, tinggal cara kita mengoptimalkan sinergitas antar pemangku kepentingan sebaik mungkin,” ungkapnya.

Pekerja PIREP yang bertugas di negara dengan tingkat keamanan yang dapat berubah sewaktu-waktu, membutuhkan pengetahuan serta penanganan efektif dan efisien saat menghadapi kejadian luar biasa. ”Diharapkan dengan adanya pelatihan bersama ini dapat memberikan pengetahuan dan penyelamatan, serta dapat menghadapi situasi darurat yang tidak bisa diprediksi ke depannya. Kegiatan tersebut merupakan salah satu bentuk Stakeholder Engagement dengan Kemlu RI Direktorat PWNI dan masuk dalam rangkaian kegiatan HSSE PIEP dalam memperingati bulan K3 Nasional untuk dapat memberikan masukan yang berharga untuk kemudahan pelaksanaan ke depannya,” ujar Achmad Dahlan selaku Manager HSSE PIEP menambahkan.

PT Pertamina Internasional EP (PIEP), salah satu anak perusahaan PT Pertamina Hulu Energi (PHE) selaku Subholding Upstream Pertamina, mengelola wilayah kerja hulu Internasional. PIEP memainkan peranan kunci dalam bekerjasama dengan mitra luar negeri dan beroperasi di 4 (empat) benua dan 12 (dua belas) negara untuk mendukung pencapaian Pertamina sebagai perusahaan energi kelas dunia.(rls)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *