Lewat Merdeka Belajar, Wabup Karawang Dorong Terus Guru Berinovasi

  • Whatsapp

KARAWANG- Peringati Hari Pendidikan Nasional 2023, Wakil Bupati Karawang Aep Syaepulloh ajak seluruh elemen pendidikan untuk terus berjuang dalam mewujudkan kemerdekaan belajar.

Ajakan ini ia sampaikan saat Upacara Peringatan Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) yang dilaksanakan di Plaza Pemda Karawang.

“Belajar adalah cara kita untuk keluar dari keterbelengguan hidup. Kita harus menjadi bangsa yang cerdas dan berkarakter untuk Indonesia lebih maju,” kata Wabup Karawang pada Selasa, (2/5/2023).

Aep memaparkan, gerakan merdeka belajar perlu dibangun. Karena, adanya kemerdekaan belajar bisa mendorong para peserta didik untuk bebas berkreasi dan berinovasi.

Wabup menambahkan, kurikulum merdeka belajar ini berdampak positif juga bagi tenaga pendidik. Sebab, guru-guru yang dulunya terikat dengan peraturan kaku bisa lebih bebas berinovasi (mengajar) dengan hadirnya kurikulum merdeka.

“Kita sama-sama buat gerakan kemerdekaan belajar, semoga bisa mewadahi gagasan-gagasan kreatif dan inovatif. Guru-guru juga yang dulu terikat peraturan kaku, skrg bebas berinovasi,” tambahnya.

Selain itu, kata Aep, sekarang tidak perlu susah lagi. Para kepala daerah yang dulu sulit memonitoring kualitas pendidikan, sekarang dapat menggunakan data assessment nasional, rapot pendidikan hingga kebutuhan perbaikan kualitas layanan sudah tersedia di platform Merdeka Mengajar.

“Sekarang lebih mudah karena hadirnya platform merdeka belajar,” ujarnya.

Ia menegaskan, momen Hardiknas ini patut dirayakan. Setiap elemen harus bekerjasama meneruskan perjuangan dalam mewujudkan kemerdekaan belajar.

“Mari kita semarakkan hari ini dengan semangat untuk meneruskan terwujudnya merdeka belajar. Perjuangan dan belajar harus dilanjutkan, agar semua anak bangsa merasakan kemerdekaan yang sebenar-benarnya dalam belajar dan bercita-cita,” tutupnya.(rls)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *