Dapat Dukungan dari BRI Karawang, Pasar Proklamasi Terima Bantuan Sarana dan Prasarana

  • Whatsapp

KARAWANG- Pasar Proklamasi Rengasdengklok Karawang terima sejumlah bantuan sarana dan prasarana dari BRI Kanca Karawang Regional Office Jakarta 2 pada Kamis, 15 Juni 2023.

Direktur Utama PT.VIM, G. Samuel Sam menyebutkan, bantuan Coorporate Sosial Responsibility (CSR) yang diterima Pasar Proklamasi Rengasdengklok dari BRI berupa CCTV, beberapa unit AC dan pengeras suara.

Selain itu pihak BRI turut mendorong pengelolaan Pasar Proklamasi Rengasdengklok menjadi pasar tradisional yang menerapkan digitalisasi.

“Tentunya ini salah satu bukti kepercayaan yang sudah diberikan BRI kepada PT VIM. Sarana prasarananya akan dipasang dibeberapa spot, cctv dibeberapa titik, ac di rumah ibadah dan toa dibeberapa titik,” ujarnya.

Ia sangat berharap, fasilitas yang diberikan BRI dari mulai sarana prasarana hingga aplikasi, dapat menjadi penunjang untuk setiap kegiatan yang ada di Pasar Proklamasi Rengasdengklok.

“Manfaatnya luar biasa, satu efisiensi dan kedua meminimalisir kebocoran (penyalahgunaan). Sekarang udah jamannya untuk memanfaatkan fasilitas digital,” tuturnya.

Kepala Bagian Bisnis Mikro Regional Office Jakarta 2, Erik Ridha Nugraha mengatakan, pihaknya memang konsern dalam membantu pengelola pasar, aksinya dengan memberikan bantuan sarana prasarana ke tiap-tiap pasar dan membuka Teras BRI untuk membantu pendanaan para pedagang.

“Berhubung teras juga ada di sini, jadi kita bantu juga terkait pendanaan. Jadi kalo pedagang butuh untuk menambah modal, kita bantu,” katanya.

Selain bantuan sarana prasarana, pihaknya turut mendorong para pedagang pasar (tradisional) untuk lebih memanfaatkan penggunaan digital.

Dalam hal ini, ia memperkenalkan sebuah aplikasi bernama Strawberry Tagihan.

“Kita dorong transaksi lebih modern, kita punya produk Brimo untuk transaksi dan ada aplikasi Strawberry tagihan untuk keperluan retribusi, tagihan listrik, tagihan air, hingga iuran sampah,” ungkapnya.

Erik menjelaskan, aplikasi Strawberry tersebut dikhususkan untuk pedagang. Nantinya para pedagang tinggal mendaftar dan tiap-tiap tagihan akan tertera pada aplikasi tersebut.

“Jadi nanti kita set, semua pedagang bisa memanfaatkan fasilitas itu, pengelola juga jadi lebih mudah enggak perlu keliling nagih. Nanti akan ketahuan siapa yang sudah bayar dan siapa yang belum bayar,” jelasnya.

Ia berharap, visi misi BRI dalam membantu pengelolaan pasar bisa membuahkan hasil dan para pedagang tradisional bisa beralih dari transaksi manual menuju digital.

“Harapan kita sih tentunya pasar itu beralih ke arah modern, jadi semuanya kalo bisa berbasis digital,” tutupnya.(rls)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *