Dukung Kebijakan Pemerintah, UBP Karawang Gelar Sosialisasi Program Kampus Mengajar

  • Whatsapp

KARAWANG- Universitas Buana Perjuangan Karawang (UBP) bersama Kementrian Pendidikan Republik Indonesia menggelar acara Sosialisasi Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) dengan tema Program Kampus Mengajar Angkatan 7 dan Magang Studi Independen Bersertifikat Angkatan 6 Tahun 2023, Rabu 1 November 2023.

Di Acara Sosialisasi MBKM ini juga menghadirkan 4 Narasumber dari Kementrian dan di hadiri kurang lebih 400 Mahasiswa secara offline (Hadir langsung di tempat) dan 1000 mahasiswa secara Online (dalam jaringan).

Wakil Rektor I Bidang Akademik dan Pengembangan pendidikan, Dr. H. Sihabudin, SE., MM. Mengatakan tujuan dari kegiatan ini untuk meningkatan potensi dan kompetensi lulusan baik itu soft skills maupun hard skills.

“Tujuan dari program ini, pemerintah bahwa MBKM itu tujuannya meningkatkan potensi dan kompetensi lulusan,” ungkapnya.

Ia juga mengatakan bahwa kegiatan MBKM ini adalah kegiatan yang di tunggu tunggu oleh pihaknya karena memang dengan adanya MBKM ini sangat berpengaruh terhadap mahasiswa untuk meningkatkan potensi dan kompetensi.

“Acara sosialisasi ini juga sebenernya kami menunggu nunggu, artinya kapan kita ada sosialisasi dari kementrian. Karena MBKM yang sekarang di sosialisasikan ini adalah program pemerintah,” ujarnya.

Di MBKM ini juga tidak hanya 1 program. Masih banyak program lainnya seperti pertukaran mahasiswa, kampus mengajar, magang studi independen bersertifikat, membangun desa, riset penelitian, wirausaha, Proyek kemanusiaan, dan sosialisasi.

Terkait program program ini, ia menjelaskan bahwa mahasiswa bisa mengkonversi nilai mata kuliah yang ada di kampus.

“Seperti hal nya ketika ada bencana alam lalu dari pihak kampus mengirimkan beberapa mahasiswa dan mahasiswa ini bisa melalui MBKM sehingga mahasiswa ini bisa di akui ketika mahasiswa turun ke lapangan dan mengawal sampai selesai dan ini nanti bisa di konversi ke mata kuliah yang ada di kampus sehingga mahasiswa ini hanya tinggal melanjutkan sisa SKS yang ada,” ucapnya.

Untuk program ini, ketika mahasiswa menjalankannya yaitu selama 1 semester atau bisa di bilang sebanyak 20 SKS dengan total 3 kali menjalankan program atau dengan total sampai lulus itu sebanyak 60 SKS yang bisa di konverse ketika mahasiswa melaksanakan program.

“Cukup dengan program itu nanti kampus akan mengkonversi kemata kuliah mana saja sehingga sebanyak 20 SKS. Jadi sekarang dengan kampus merdeka disini mahasiswa di berika kemerdekaan untuk mendapatkan bidang bidang keahlian termasuk keahlian lainnya,” paparnya.

Pada inti nya program sosialisasi MBKM ini untuk memudahkan mahasiswa dalam belajar dan meningkat kan nilai potensi dan kopentensi mahasiswa.

Di tempat yang sama Mahasiswa UBP Karawang juga memberikan tanggapan terkait program ini. Para mahasiswa sangat antusias menyambut adanya program MBKM ini.

“Untuk sosialisasi MBKM ini menurut aku cukup bagus karena membantu mahasiswa juga, mungkin yang baru baru masuk itu jadi mengenal apa itu MBKM dan apa itu kampus mengajar,” ucap Angga permana sidik mahasiswa UBP semester 1 prodi PPKN.

Angga juga menjelaskan beberapa materi yang di sampaikan dalam kegiatan MBKM tersebut.

“Materinya itu yang pertama pengenalan tentang kampus mengajar yang di usung oleh kementrian pendidikan yang sekarang dan materi yang ke dua itu tentang pembekalan aja, misalkan syarat syarat nya seperti minimal semester 4 dan minimal IPK harus 3,” ujarnya.

Niken Maulidia Mutakin, Mahasiswa UBP Karawang Semester 5 prodi Akuntansi juga memberikan tanggapan terkait kegiatan ini.

Niken mengatakan kegiatan MBKM ini sangat bermanfaat bagi mahasiswa. “Saya sendiri kebetulankan di semester depan yaitu semester 6 akan melaksanakan MBKM dari kampus, karena acara atau program dari pemerintah ini sangat bermanfaat sekali. Karena salah satunya adalah menambah pengalaman mahasiswa dan juga mendapat yang relasi yang lebih lagi di luar kampus,” ungkap niken.(red)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *