Jawab Tantangan Zaman, UBP Karawang Gelar Seminar Nasional

  • Whatsapp

KARAWANG- Seminar nasional Prodi Pendidikan Agama Islam (PAI) Universitas Buana Perjuangan (UBP) Karawang mengangkat tema ‘Prospek Tantangan Mahasiswa Perguruan Tinggi Umum dalam Menghadapi Perubahan Sosial’.

Seminar tersebut diselenggarakan secara daring, hybrid maupun luring di di aula lantai 3 gedung Rektorat UBP Karawang dengan melibatkan 1.300-an mahasiswa dari 8 Prodi, Sabtu (5/11/2022).

Read More

“Kegiatan rutin akademik yang digelar 2 kali setiap 1 semester, Mahasiswa sedini mungkin dapat memperkirakan tantangan apa yang akan mereka hadapi ke depannya agar tidak bingung lagi, dan mereka sudah punya konsep yang jelas,” ujar Rektor UBP Karawang, Prof. Dr. H. Dedi Mulyadi, SE., M.M. melalui Koordinator program studi (Prodi) Fakultas Agama Islam UBP Karawang, Haerudin Lc., MA.

Dikatakan dia, kegiatan untuk membekali mahasiswa merancang masa depannya sendiri agar tidak kehilangan arah dalam setiap perubahan zaman. Ketika nantinya mereka lulus, mahasiswa diharapkan dapat memilki konsep yang jelas akan seperti apa mereka menempatkan dirinya dalam lingkungan sosial

Sementara itu Integrasi Nilai Keislaman Lewat Teknologi Kasubdit Pengembangan Akademik Kementerian Agama RI, Adib Abdushomad yang juga bertindak sebagai pemateri, berpesan kepada mahasiswa agar mempersiapkan diri secara matang ketika bermasyarakat, terutama di era yang ditandai internet of things (IOT) ini.

Perguruan tinggi juga, kata dia, harus mampu mengintegrasikan model pembelajaran melalui pemanfaatan teknologi, namun tidak tenggelam dalam arus teknologi itu sendiri.

“Oleh karena itu sangat tepat jika perguruan tinggi melakukan inovasi-inovasi pembelajaran supaya tidak ketinggalan dengan era saat ini,” kata dia.

Adib menambahkan jika dirinya terkesan dengan progres pengembangan kampus UBP Karawang.

Pasalnya, meski usianya baru seumur jagung, tetapi UBP Karawang mampu melahirkan Fakultas Agama Islam atau FAI.

“UBP sebagai perguruan tinggi muda, saya sangat terkesan karena sangat progresif ini, dalam usia 7 tahun sudah punya FAI, ini luar biasa,” seru Adib.

Oleh karenanya, dengan mengintegrasikan nilai-nilai keislaman dan kebangsaan melalui pemanfaatan teknologi, maka bukan tidak mungkin UBP akan semakin unggul, baik di level daerah maupun nasional. (kna)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *