PLN Beri Tips Aman Tinggalkan Rumah Saat Liburan Natal dan Tahun Baru 2024

  • Whatsapp

KARAWANG- PT PLN (Persero) UP3 Karawang memberikan tips aman kepada masyarakat saat meninggalkan rumahnya agar tidak terjadi korsleting listrik pada masa liburan sekolah, Natal dan Tahun Baru 2024.

Imam Ahmadi selaku Manager UP3 Karawang menghimbau kepada masyarakat untuk lebih peduli terhadap bahaya-bahaya yang mengintai keselamatan diri dan lingkungan sekitar.

“Salah satunya adalah setiap hendak meninggalkan rumah sebaiknya cek dulu peralatan listrik mulai dari stop kontak, kabel, hingga peralatan elektronik lainnya dipastikan semua dalam keadaan aman”, ujarnya Jumat (29/12/2023).

Beliau menjelaskan hal yang perlu diperhatikan saat meninggalkan rumah agar liburan tenang dan asyik adalah pertama, masyarakat harus memastikan jika ada peralatan elektronik yang tidak digunakan sebaiknya kabel-kabel daya listrik dicabut dari stop kontak dan memastikan seluruh perangkat elektronik terhindar dari tempat yang basah dan lembab.

Kedua, bagi pelanggan pascabayar hendaklah bayar listrik di awal bulan atau sebelum tanggal 20 untuk menghindari pemutusan sementara atau untuk pelanggan prabayar, isi token listrik secukupnya dan siapkan cadangan agar listrik tetap menyala khususnya untuk penerangan dan peralatan elektronik yang dibutuhkan. Imam juga mengingatkan untuk menjauhkan barang-barang yang bersifat mudah terbakar seperti kertas, kardus, atau buku dari sumber panas yang ada di rumah.

Terakhir, pastikan menginformasikan kepergian anda kepada tetangga terdekat atau pengurus RT/RW setempat sehingga dapat membantu memantau rumah kosong saat ditinggal berlibur. Imam berpesan agar selalu menggunakan aplikasi PLN Mobile untuk semua urusan kelistrikan.

“Tidak usah khawatir, apabila sedang bepergian tetapi membutuhkan layanan kelistrikan misalnya untuk bayar listrik atau beli token, lapor pengaduan ataupun keluhan, semua bisa menggunakan aplikasi PLN Mobile. Bisa kapan dan dimana saja”, ucapnya.

Dilokasi lain General Manager PLN UID Jawa Barat Susiana Mutia menyampaikan para pengguna kendaraan listrik dapat dengan mudah menemukan lokasi SPKLU (Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum) karena seluruh SPKLU tersebut lokasinya seluruhnya telah terintegrasi dengan PLN Mobile pada menu Charge-in.

“Pengguna kendaraan listrik tidak perlu khawatir mencari SPKLU karena melalui PLN Mobile, pelanggan dapat mengetahui titik lokasi SPKLU dan mengisi ulang baterai kendaraan listriknya,” jelasnya.(dmr)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *