Jelang Lebaran, PLN Karawang Berbagi Tips Penting untuk Menjaga Keamanan Listrik Rumah Saat Mudik

  • Whatsapp

KARAWANG-Seiring dengan datangnya musim mudik Lebaran, penting bagi kita untuk memastikan keamanan rumah tetap terjaga, termasuk keamanan listrik. Listrik adalah salah satu aspek vital dalam kehidupan sehari-hari dan tindakan pencegahan sederhana dapat membantu menghindari risiko yang tidak kita diinginkan.

Sebagai langkah preventif dalam menjaga keamanan rumah Anda selama masa mudik Lebaran, PLN UP3 Karawang ingin berbagi beberapa tips penting terkait penggunaan listrik yang aman.

Read More

Imam Ahmadi selaku Manager PLN UP3 Karawang menyampaikan bahwa pelanggan harus peduli dengan keamanan listrik dirumahnya jika ditinggal saat mudik.

“Dalam suasana perayaan Lebaran ini, mari kita tetap berhati-hati terhadap penggunaan listrik di rumah. Pastikan untuk memeriksa instalasi listrik secara menyeluruh sebelum meninggalkan rumah untuk mudik. Langkah sederhana ini dapat membantu mencegah kecelakaan listrik yang tidak diinginkan”, ucap Imam.

Berikut adalah beberapa tips penting untuk menjaga keamanan listrik rumah Anda selama masa mudik Lebaran.
1. Periksa Instalasi Listrik Secara Berkala Lakukan pemeriksaan rutin terhadap instalasi listrik di rumah Anda untuk memastikan tidak ada kabel yang terkelupas, stop kontak yang rusak, atau perangkat listrik yang mengalami kerusakan. Pastikan semua komponen listrik berfungsi dengan baik sebelum meninggalkan rumah.
2. Matikan Perangkat Elektronik yang Tidak Digunakan Sebelum berangkat mudik, pastikan untuk mematikan semua perangkat elektronik yang tidak digunakan, termasuk televisi, komputer, dan charger ponsel. Hal ini dapat mengurangi risiko kebakaran akibat korsleting atau kelebihan beban pada sistem listrik.
3. Pasang Alat Pelindung Listrik (APL) Pasang alat pelindung listrik (APL) seperti ground fault circuit interrupters (GFCI) atau residual-current devices (RCDs) di area-area yang rawan terhadap kelembaban, seperti kamar mandi atau dapur. APL dapat membantu mencegah kecelakaan listrik akibat air atau hubungan arus pendek.
4. Pastikan Sistem Penerangan Tersedia Periksa lampu-lampu luar rumah Anda, termasuk lampu halaman dan lampu garasi, untuk memastikan bahwa penerangan tersebut berfungsi dengan baik. Penerangan yang cukup dapat membantu mencegah kegiatan kriminal dan kecelakaan di sekitar rumah Anda.
5. Pastikan Token Listrik Cukup dan Bayar Listrik Awal Bulan, Agar terhindar dari pemutusan aliran listrik, maka pelanggan pascabayar dapat melakukan pembayaran listrik di awal bulan sedangkan untuk pelanggan prabayar pastikan mengisi token listrik yang cukup.

Dengan menerapkan tips-tips ini kita dapat bersama-sama menjaga keamanan listrik rumah selama masa mudik lebaran.

Sementara itu Susiana Mutia, General Manager PLN UID Jawa Barat menyampaikan masyarakat harus waspada terhadap keamanan instalasi listrik dirumah sebelum mudik lebaran. Pastikan kondisi dirumah aman saat ditinggal mudik.

“Pelanggan bisa melaporkan satu kondisi yang berpotensi menimbulkan bahaya listrik atau jika pelanggan membutuhkan layanan PLN lainnya dapat mengakses Aplikasi PLN Mobile yang dapat di unduh di PlayStore dan App Store”, tutupnya.(dmr)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *