Sharp Berbagi Tips Dalam Cara Menggunakan, Memilih dan Merawat Set Top Box

KARAWANG– Set Top Box (STB) merupakan sebuah alat yang dapat menangkap sinyal siaran digital yang kemudian diproyeksikan ke TV analog. Perangkat ini tidak membutuhkan jaringan internet, karena hanya terhubung dengan siaran TV free to air, sehingga tidak memerlukan biaya tambahan.

Adapun perbedaannya dengan siaran analog, kualitas gambar siaran digital jauh lebih baik dan juga jernih. Saat ini di pasar telah tersedia berbagai macam pilihan STB, dengan berbagai variasi harga.

Read More

Ardy selaku Head of AUVI Marketing Product Strategy Division PT Sharp Electronics Indonesia memberikan tipsnya untuk memilih produk berkualitas.

“Kami merekomendasikan Set Top Box yang telah memiliki sertifikasi dari Kementerian Komunikasi & Informatika (Kominfo). Karena dipastikan kualitasnya dalam menangkap siaran digital sudah teruji dengan baik, memenuhi syarat kelayakan dan yang terpenting pasti dapat digunakan di Indonesia,” ujar Ardy.

Adapun Kominfo sudah menghimbau untuk menggunakan STB tersertifikasi pada rilis resminya, sebab tanpa sertifikasi STB beresiko tidak dapat menangkap siaran digital. Seluruh produk yang tersertifikasi juga sudah dijamin bahwa seluruh fungsi dan fiturnya dapat bekerja dengan baik.

Sharp STB-DD001i yang telah mengantongi sertifikasi dengan nomor 81056/SDPPI/2022, dipastikan dapat digunakan dengan baik di seluruh Indonesia. Set Top Box berjenis DVB-T2 ini memiliki konsusmsi listrik relatif rendah, hanya 20 watt.

Dilengkapi dengan port untuk HDMI dan RCA, sehingga dapat digunakan baik TV tabung, maupun TV LED analog. Alat transmitter ini juga memiliki fitur menawan, seperti port USB yang dapat digunakan untuk memutar film maupun musik pilihan.

Selain itu produk dengan seri STB-DD001i ini juga disematkan fitur Early Warning System sesuai ketentuan dari pemerintah, yang dapat berguna untuk memberikan informasi dini mengenai potensi bencana alam yang terjadi.

Cara pemasangannya pun mudah, bagi pengguna TV tabung dapat menghubungkan kabel Antena ke STB dan STB ke TV dengan menggunakan kabel RCA yang tersedia pada paket pembelian. Hubungkan 3 kabel, yaitu warna kuning, putih dan merah baik di port STB dan juga port TV.

Kemudian pasangkan kabel daya ke sumber listrik terdekat, kemudian nyalakan STB & TV.

Proses selanjutnya adalah pencarian channel TV, saat awal digunakan akan tampil kotak menu untuk mengisi data diri pengguna. Pengisian data dapat menggunakan remote untuk menggerakan kursor.

Pada tahap ini, pastikan kode pos diisi dengan tepat, agar STB dapat berfungsi. Setelah pengisian data selesai, secara otomatis STB akan melakukan proses penyimpanan saluran televisi yang aktif di Indonesia.

“Bagi pengguna yang ingin STBnya awet dan tahan lama, dapat menggunakan beberapa tips sederhana berikut ini. Pertama dan yang penting, hindari meletakkan produk di tempat tertutup atau tidak memiliki sirkulasi udara yang baik, misalnya di dalam lemari kaca, di dalam rak, dan sebagainya. Kemudian jangan lupa untuk mematikan STB saat tidak digunakan,” jelas Ardy.

STB Sharp sudah dapat ditemukan di beberapa toko di daerah Karawang, antara lain: PIXEL MEGA STORE: Jl. Tuparev No. 16, Komplek Karawang Plaza, Nagasari, Karawang Barat, Karawang 41312 No. Telp: 0267 – 401 017
DUTA ELEKTRONIK: Ruko Telaga Mas, Blok B No. 2-4, Kp. Gardu Sawah RT. 003/001, Telaga Harapan, Cikarang Barat – Kabupaten Bekasi 17520 No. Telp: 021 – 89109505

Dan juga di daerah Cikampek dan Purwakarta, antara lain:
AGUNG JAYA: Jl. Raya Terminal no. 119, Cikampek. No. Telp: 081218002582
GARUDA: Jl. Jend Sudirman No. 139, Purwakarta. No. Telp: 08111173535

“Sharp STB-DD001i dipasarkan mulai dari IDR 250.000an di toko-toko terdekat di kota anda. Sharp Set Top Box juga telah tersedia bagi konsumen yang telah terbiasa untuk membeli produk elektronik melalui layanan E-Commerce. (rls)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *