Mahasiswa KKN Unsika Melakukan Sosialisasi Mengenai Pentingnya Budaya Literasi di Sekolah

  • Whatsapp

KARAWANG- Dalam upaya mewujudkan generasi yang memiliki pandangan luas dan terbuka, Gerakan Literasi Sekolah (GLS) menjadi salah satu aktivitas yang dapat meningkatkan ketertarikan membaca peserta didik.

Untuk itu Mahasiswa yang tergabung dalam kelompok 86 Kuliah Kerja Nyata (KKN) Universitas Singaperbangsa Karawang (UNSIKA) berencana mengadakan program Gerakan Literasi Sekolah (GLS) di SMK Taruna Karya 76 Nurul Falah, Desa Sindangkarya, Kecamatan Kutawaluya.

Dalam penerapannya yang dimulai dari 9 September hingga 30 September 2022, aktivitas GLS tersebut dilaksanakan setiap hari Kamis dan Jumat, selama 20 menit sebelum jam pertama KBM (Kegiatan Belajar Mengajar) dimulai. Bertepatan dengan pelaksanaan Praktik Kerja Lapangan (PKL) kelas XI, maka partisipan dari gerakan literasi ini adalah peserta didik kelas X dan kelas XII. Dari total keseluruhan 9 kelas, setiap kelas dikoordinasikan oleh 2 mahasiswa/I.

Pada tahap pengembangan program GLS ini peserta didik melakukan berbagai hal, seperti membaca, menulis, menyampaian hasil yang mereka peroleh dari bahan bacaan di depan kelas, serta diskusi. Peserta didik cenderung sangat antusias dalam memanfaatkan bahan bacaan yang disediakan oleh mahasiswa. Melalui program ini, peserta didik dapat terbiasa dengan kegiatan literasi.

Berdasarkan hasil observasi, program GLS sangat efektif untuk mengarahkan peserta didik pada pembiasaan membaca. Selain itu, GLS memberikan dampak yang positif terhadap peserta didik seperti bertambahnya minat baca, keterampilan berpendapat, serta kosakata yang mereka miliki.

Semakin banyak kosakata yang diketahui oleh peserta didik, maka akan semakin baik pula kemampuan mereka dalam memahami bacaan. Yang tidak kalah pentingnya bahwa GLS dapat meningkatkan keterampilan peserta didik dalam berkomunikasi secara lisan maupun tulisan.

Dengan membuat bacaan yang menarik, harapan penulis dapat menarik perhatian masyarakat dalam hal membaca suatu informasi. Semoga pembaca dapat termotivasi untuk meningkatkan keterampilan membaca sebagai kebiasaan hidup.(rls)

  • Whatsapp

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *