Kolaborasi dengan Kelurahan Tanjungpura, PLN Adakan Sosialisasi dalam Kegiatan Minggon

  • Whatsapp

KARAWANG- Dalam upaya meningkatkan keselamatan masyarakat, PLN UP3 Karawang bersama Tim dari PLN ULP Karawang Kota melakukan sosialisasi di Kantor Kelurahan Tanjungpura Kecamatan Karawang, Barat Kabupaten Karawang.

PLN menjelaskan mengenai seluk beluk Kelistrikan di depan Perangkat Desa dengan mengusung tema “Sosialisasi Penggunaan Energi Listrik yang Aman dan Produktif” dalam kegiatan Minggon Rutin Kelurahan Tanjungpura, Rabu (13/12).

Kegiatan sosialisasi ini dinamakan PLN Karawang Peduli Mengajar dan Berbagi atau disingkat PAWANG PADI. Pawang Padi ini merupakan salah satu program dari PLN UP3 Karawang yang bertujuan untuk mensosialisasikan program PLN kepada masyarakat. Sosialisasi ini juga sebagai ajang PLN untuk bersilaturahmi dengan masyarakat.

Kegiatan sosialisasi ini dibawakan oleh Muhammad Heidar Wildany selaku Team Leader K2LK PLN ULP Karawang Kota bersama tim dan memaparkan bagaimana menggunakan energi listrik yang aman dan produktif di depan Aparat Desa yang terdiri dari Ketua RT, RW, Kader PKK, pengurus MUI Tanjungpura dan Lurah Desa Tanjungpura. Heidar mengatakan penggunaan energi listrik yang aman itu seperti menghindari menyentuh peralatan listrik saat tangan basah, jangan menyentuh saklar yang longgar, matikan listrik saat tidak digunakan, hindari menggunakan peralatan listrik yang rusak, jauhi benda elektronik dari benda yang mudah terbakar dan cara lainnya agar potensi-potensi bahaya yang mungkin bisa terjadi di kehidupan kita sehari-hari bisa dihindari.

Disampaikan juga dalam sosialisasi ini yaitu cara memanfaatkan listrik menjadi sesuatu yang produktif. Seperti pembukaan usaha jus buah menggunakan blender, microwave untuk usaha popcorn dan juga penggunaan kompor induksi baik untuk usaha cemilan di sekolah-sekolah (nugget, sosis dan lain-lain) maupun untuk penggunaan rumah tangga.

Selain sosialisasi penggunaan energi listrik yang aman, PLN juga menjelaskan produk-produk PLN lainnya seperti Aplikasi PLN Mobile. Di Aplikasi PLN Mobile masyarakat dimudahkan dengan adanya fitur-fitur seperti fitur pembelian token, layanan Pasang Baru, tambah daya, rubah nama, layanan pengaduan dan fitur lainnya. Masyarakat dapat menggunakan fitur Pembelian token dan pembayaran apabila pelanggan ingin membayar tagihan listrik atau membeli token listrik. Fitur pengaduan dapat digunakan masyarakat apabila terjadi gangguan listrik padam, permasalahan pohon yang menempel mendekati jaringan listrik tegangan menengah dan lain-lain. Selain itu, masyarakat dapat menikmati layanan PLN Mobile ini kapanpun dibutuhkan tidak peduli pagi, siang maupun malam.

Manager UP3 Karawang, Imam Ahmadi selalu menghimbau agar masyarakat peduli terhadap potensi-potensi bahaya listrik yang mungkin terjadi. “Dengan adanya Aplikasi PLN Mobile ini, masyarakat dapat segera melaporkan jika ada potensi bahaya yang akan terjadi sehingga sesuatu yang tidak kita inginkan bisa dapat kita hindari” ujar Imam.

Yeni Suhaeni, SE selaku Lurah Tanjungpura sangat mengapresiasi kegiatan kolaborasi antara PLN dan Masyarakat Desa Tanjungpura ini. Semua peserta sangat antusias dan menyambut positif kegiatan sosialisasi tersebut. Masyarakat khususnya peserta minggon menjadi tertarik dengan peralatan rumah tangga yang menggunakan listrik seperti kompor induksi, oven listrik dan lainnya setelah mengetahui manfaat dan kenyamanan dalam penggunaan peralatan tersebut.

“Semoga lebih banyak masyarakat yang mengetahui akan pentingnya penggunaan Energi Listrik yang Aman dan Produktif serta aplikasi PLN Mobile yang sangat memberikan kemudahan dalam kehidupan sehari-hari kita”, ujar Yeni.

Ditempat lain, Susiana Mutia sangat mengapresiasi kegiatan ini, ia berharap makin banyak yang memahami terkait ketenagalistrikan dan pemanfaatan aplikasi PLN Mobile untuk berkomunikasi dan menikmati kemudahan layanan dari PLN.(rls)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *