Arus Mudik, Dinkes Karawang Siapkan Pos Mudik Lebaran 2024

  • Whatsapp

KARAWANG- Dinas Kesehatan Karawang telah mendirikan pos pelayanan kesehatan di 9 titik di jalur arus mudik. Posko pelayanan kesehatan untuk pemudik telah mulai didirikan oleh dinas kesehatan di sejumlah titik.

Deddy Ferry Rachmat, Sub-koordinator kelompok sub-substansi pelayanan kesehatan primer menyampaikan tujuan kegiatan ini agar dapat memberikan pelayanan kesehatan kepada masyarakat, membina kerjasama lintas program dan sektor. Hal ini telah sesuai dengan surat edaran dari kementrian kesehatan dan surat edaran dari dinas kesehatan Karawang.

“Terkait untuk persiapan pelayanan kesehatan untuk PAM hari raya Idul Fitri 2024, tujuannya terselenggaranya pelayanan kesehatan dengan baik di pos kesehatan kemudian terlayaninya kesehatan masyarakat dan terbinanya lintas program dan lintas sektor sesuai dengan surat edaran dari kementrian kesehatan tentang kesiapsiagaan menghadapi hari raya idul Fitri dan dilanjutkan juga surat edaran dari dinas kesehatan kabupaten Karawang yang ditujukan kepada seluruh direktur rumahsakit, kepala puskesmas dan kepala klinik,” ujarnya, Senin (1/4).

Pelayanan yang akan disediakan selama arus mudik berupa PSC 119 untuk memberikan pelayanan kaus gawat darurat, kecelakaan dan lalu lintas. Menyediakan ambulance di setiap pos yang telah di dirikan, selanjutnya meningkatkan komunikasi informasi edukasi tentang pelayanan kesehatan. Selain itu untuk memantau penerapan protokol kesehatan. Meski begitu pada tahun 2024 ini sudah tidak diberikan pelayanan vaksinasi Covid 19.

“Satu membentuk tim penyelenggara kesehatan sebagai wadah meningkatkan jejaring kerjasama, kemudian melaksanakan koordinasi dengan lintas sektor, menyiagakan dan menyediakan pelayanan kesehatan, menyiagakan dan menyediakan PSC 119 untuk kasus gawat darurat dan kasus lainnya, sarana ambulance di lokasi rawan kecelakaan lalu lintas. Kemudian juga menyelenggarakan upaya kesehatan promotif dan preventif untuk sosialisasi kepada masyarakat tentang pentingnya menjaga diri dan keluarga termasuk juga melakukan pencegahan penularan penyakit pada hari raya idul fitri, kemudian melaksanakan pemantauan penerapan protokol kesehatan bagi pelaku perjalanan, meningkatkan KIE tentang penerapan perilaku hidup bersih dan sehat, penyediaan pelayanan kesehatan tradisional, mitting kejadian luar biasa, pencatatan dan pelaporan,” tambahnya.

Fasilitas yang disediakan di dalam pos berupa tempat tidur pasien, alat tulis, alat pemeriksaan, tempat penyimpanan obat, meja konsultasi, mobil ambulance, formulir pencatatan pelaporan. Kegiatan ini akan melibatkan semua puskesmas untuk berjaga di dalam pos. Dalam satu pos akan diterapkan sistem jaga dengan 3 waktu. Setiap shift akan dilibatkan 3 orang petugas.

“Kami melibatkan semua fasyankes baik puskesmas, rumah sakit, klinik. Kami sudah melaksanakan rapat koordinasi persiapan PAM Hari Raya Idul Fitri untuk seluruh Puskesmas, rumah sakit rujukan, klinik polres, asosiasi klinik. Kemudian sudah melaksanakan koordinasi lintas sektor, sosialisasi surat edaran. Di posko itu kelengkapannya ada tempat tidur, alat tulis, tempat penyimpanan obat, alat pemeriksaan, meja konsultasi, mobil ambulance, formulir pencatatan pelaporan. Kami melibatkan dari puskesmas terdiri dari dokter, perawat dan sopir ambulance. Setiap harinya di masing-masing pos nantinya 1 puskesmas dengan 3 shift dan 1 shif ada 3 orang. Kurang lebih satu hari 81 orang, dari tanggal 4 April sampai 16 April. Pemasangan tenda baru kita laksanakan hari ini tanggal 3 April,” imbuhnya

Pos ini di dirikan di 9 titik sekaligus. Pertama di rest area 57A, kedua di rest area 62B. Selanjutnya posyandu di Galuhmas dan Megamall. Kemudian pospam di titik Kepuh Flyover Lamaran, Pospam Simpang Jomin, Pos Balenggandu dan pospam karaask Cilamaya. Pos ini akan di dirikan selama 13 hari.

“Pelayanan dan pengobatan kesehatan umum, pertolongan pertama, konsultasi kesehatan, pemeriksaan kesehatan, promosi kesehatan, media informasi, edukasi kesehatan, aktivasi sistem rujukan, PSC 119, penanganan kasus luar biasa, pelayanan kesehatan tradisional. Kemudian lokasinya ada 9 titik ada di pos terpadu rest area 57 A, pospam rest area 62B, Pospam Tanjungpura, Posyan Galuhmas, Posyan Megamall, Pospam Kepuh flyover Lamaran, Pospam Simpang Jomin, Pos Balenggandu dan Pospam Karasak Cilamaya selama 13 hari,” tutupnya.(dmr)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *