Panen Raya di Lapas Karawang, Langkah Konkrit Menuju Swasembada Pangan

  • Whatsapp

KARAWANG– Inspektur Jenderal Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Reynhard Silitong pada Selasa (7/05/2024) melaksanakan kegiatan Panen Raya yang diikuti oleh seluruh jajaran Unit Pelaksana Teknis (UPT) se Jawa Barat di Lapas Kelas IIA Karawang.

Inspektur Jenderal, Reynhard Silitonga menjadikan moment ini menjadi sebuah Bukti Nyata bahwa Pemasyarakatan mampu untuk memberikan Pelayanan yang Semakin Berdampak terhadap warga binaan maupun masyarakat pada umumnya.

Sarana Asimilasi dan Edukasi atau sering disebut SAE pada Lapas Kelas IIA Karawang, menjadi wadah dalam memberikan pembinaan kemandirian terhadap warga binaan. Salah satu produk unggulan dari SAE pada Lapas Kelas IIA Karawang adalah hasil panen padi yang menghasilkan Padi Nutrizinc , dimana padi tersebut merupakan Varietas Padi yang memiliki kandungan unsur Zinc lebih tinggi daripada Varietas lainnya yang membantu mengatasi Problem Stunting, serta Padi Inpari 32 yang benihnya tahan terhadap segala Hama dan Penyakit Tumbuhan.

Reynhard menjelaskan bahwa, selama tahun 2023 Lapas Kelas IIA Karawang berhasil menghasilkan panen padi sebanyak 11.800 Kg atau 11.8 Ton Gabah, yang apabila dirupiahkan akan menjadi senilai Rp.37.760.000 (Tiga Puluh Tujuh Juta Tujuh Ratus Enam Puluh Ribu Rupiah).

“Dari sekain banyak Unit Pelaksana Teknis dibawah Direktorat Jenderal Pemasyarakatan, Lapas Kelas IIA Karawang menjadi salah satu UPT yang memberikan sumbangsih kepada Negara dalam mewujudkan Pelayanan yang Berdampak. Program SAE yang dimotori dengan produk berupa Padi, menjadi bukti bahwa Lapas Kelas IIA Karawang tidak hanya memberikan Pelayanan yang Berdampak kepada warga binaannya saja, melainkan bisa dirasakan langsung oleh masyarakat umum” Ucap Reynhard.

Dengan adanya hal tersebut, Lapas Kelas IIA Karawang tidak hanya berhasil memberikan sebuah Pembinaan kepada warga binaan, melainkan turut hadir juga dalam mensukseskan Program Presiden Republik Indonesia Bapak Ir.H. Joko Widodo dalam mewujudkan Ketahanan Pangan, Mencegah Stunting, dan membantu meningkatkan Pelayanan Publik yang sangat Berdampak dibidang pangan.

“Program ini akan terus berlanjut dan berkembang, untuk dapat terus dirasakan manfaatnya oleh seluruh kalangan. Baik kepada warga binaan, maupun masyarakat sekitar” Jelasnya Reynhard

Inspektur Jenderal Kementerian Hukum dan HAM Reynhard Silitonga memberikan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada Kepala Lapas Kelas IIA Karawang beserta seluruh jajaran yang telah melaksanakan tugas dan tanggungjawabnya dengan baik dan benar, serta menyampaikan harapan bahwa program-program seperti ini dapat terlaksana diseluruh Unit Pelaksana Teknis Pemasyarakatan se-Indonesia.

“Ucapan terima kasih dan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada Kepala Lapas Kelas IIA Karawang beserta seluruh jajaran atas prestasinya dalam melakukan Pelayanan yang sangat berdampak ini. Besar harapan saya program-program seperti ini dapat terlaksana diseluruh Unit Pelaksana Teknis Pemasyarakatan se-Indonesia. Saya akan terus mendukung seluruh program positif yang langsung Berdampak Baik kepada seluruh warga binaan dan masyarakat,” pungkasnya Reynhard.(dmr)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *