RS Mandaya Karawang Miliki Pusat Orthopedi Canggih, Sampai Teknologi Robot Rehab Medik

  • Whatsapp

KARAWANG– RS Mandaya Karawang meluncurkan pusat layanan unggulan baru yaitu Pusat Orthopedi & Artroskopi yang berteknologi tinggi dan didukung dengan 9 tim dokter spesialis hingga subspesialis konsultan bagian panggul dan lutut.

Memiliki rekam jejak yang sangat baik, RS Mandaya Karawang telah melayani lebih dari 3500 pasien rawat jalan dan 500 operasi orthopedic dalam 1 tahun terakhir.

Tidak hanya itu, pusat orthopedi RS Mandaya Karawang juga memiliki beberapa peralatan canggih seperti, automatic robot-assisted rehabilitation yang membantu pasien dapat segera beraktivitas paska melakukan operasi orthopedi.

Beragam peralatan medis canggih baru pun terus dihadirkan seperti MRI Philips 1,5T dengan fitur tambahan coil magnet khusus untuk sendi, saraf, otot dan tulang yang dapat menghasilkan gambar sangat baik bagi bidang orthopedi, saraf hingga tulang belakang.

Bahkan, alat MRI Philips terbaru dari RS Mandaya Karawang sudah dilengkapi dengan fitur hiburan video, sehingga pasien dapat menyaksikan film kesayangan via Netflix, Disney+ Hotstar dan Youtube.

“Kami ingin memenuhi kebutuhan warga Karawang, Subang, Purwakarta, Cikarang dan sekitarnya yang membutuhkan rumah sakit khusus dibidang orthopedi. Dengan menghadirkan tim dokter subspesialis orthopedi serta peralatan peralatan terbaru dan canggih, kami harap ini dapat menjadi harapan baru bagi warga Karawang,” jelas Erwin, selaku Direktur Humas Mandaya Hospital Group, Rabu, 8/5/2024.

“Tentunya, RS Mandaya Karawang telah menerima berbagai asuransi perusahaan, asuransi individu, bpjs ketenagakerjaan hingga bpjs kesehatan agar dapat semakin banyak membantu warga,” tambah Erwin.

Pada kesempatan kali ini, terdapat 4 Dokter Spesialis yang menyampaikan kemajuan metode operasi dan teknologi terbaru.

Pusat Orthopedi Mandaya Karawang memiliki metode terkini yaitu operasi artroskopi atau operasi lubang kunci karena luka sayat nya hanya kurang dari 1cm sehingga luka operasi cepat sembuh, dan membuat pasien dapat berkativitas normal secepat mungkin, bahkan bisa kurang dari 7 hari untuk kembali bekerja.

Operasi Artroskopi Orthopedi ini dapat membantu masalah pada bagian tangan, bahu, lutut, panggul hingga tulang belakang baik akibat kecelakaan kerja maupun cedera akibat olahraga seperti kerobekan ACL, PCL dan Meniscus.

“Permasalahan pada orthopedi selalu ditandai dengan nyeri yang sangat hebat, oleh sebab itu kami menghadirkan metode ERAS terbaru guna mengurangi rasa nyeri paska operasi, bahkan kami memiliki teknologi pengobatan nyeri yang dikendalikan oleh pasien, jadi setiap merasakan nyeri pasien tinggal menekan tombol dan obat pereda nyeri otomatis masuk ke darah, bernama pompa PCA (Patient Controlled Analgesia),” terang Erwin.

Kombinasi operasi tanpa rasa nyeri dengan robot-assisted fisioterapi melahirkan metode terbaru yaitu ERAS artinya pasien-pasien RS Mandaya Karawang dapat nyaman kembali beraktivitas normal secepatnya tanpa perlu merasakan nyeri ataupun rasa sakit.

Pusat Orthopedi Mandaya Karawang juga mengenalkan metode baru dalam menangani pengapuran lutut yaitu operasi pengganti bantalan lutut atau disebut UKA.

Pada operasi pengapuran lutut metode UKA ini, lutut pasien tidak akan diganti total namun hanya pada bagian bantalannya saja yang sudah menipis atau rusak, hal ini merupakan alternatif terbaru sehingga pasien dapat kembali berjalan sangat cepat paska operasi, targetnya 2-3 hari paska operasi dapat kembali berjalan.

“Metode Penggantian Bantalan Lutut (UKA) ini merupakan metode yang sangat baru sekitar dimulai 5 tahun yang lalu, tapi di RS Mandaya Karawang sekarang sudah bisa. Untuk biayanya sendiri sekitar 75-85 juta rupiah tergantung dari jenis kualitas implan bantalan lututnya. Tapi bagi yang mengalami pengapuran lutut ringan masih ada alternatif lain yaitu penyuntikan jeli lutut atau biasanya disebut suntikan oli lutut yang sangat terjangkau sekitar 3 juta rupiah saja” papar Erwin.

Pada acara peluncuran pusat orthopedi karawang ini juga dijelaskan bahwa RS Mandaya menambahkan fasilitas baru berupa kamar rawat inap junior suite yang sudah dilengkapi dengan ranjang bagi pendamping pasien, fasilitas pantry yang lengkap seperti microwave, kulkas, dan lainnya.

Namun, harga kamar junior suite baru ini memiliki tarif atau harga hanya setara kamar VIP di RS lain sekitaran Karawang.

Acara ditutup dengan penandatanganan kerjasama antara Pusat Orthopedi Mandaya Karawang dengan salah satu SSB terbaik di Karawang yaitu SSB Kancil Mas Karawang.

Kami akan memberikan dukungan kesehatan dan perlindungan bagi 350 talenta muda SSB Kancil Mas agar dapat mewujudkan mimpinya. Tentu artinya termasuk seluruh biaya operasi apabila terdapat masalah pada cedera saat latihan dan bertanding. Tim Dokter Spesialis Orthopedi Mandaya Karawang sangat siap dan mumpuni menangani cedera hingga patah tulang pada anak-anak hingga dewasa bahkan lansia” tutup Erwin.

Dengan adanya pusat orthopedi canggih di wilayah Karawang ini tentunya menjadi harapan baru bagi warga agar tetap dapat terus produktif dan mendapatkan pelayanan kesehatan berkualitas dan terjangkau tanpa harus perlu jauh-jauh ke Jakarta.

RS Mandaya Karawang juga memiliki fasilitas antar-jemput gratis bagi pasien diluar wilayah Karawang, yaitu Cikarang, Purwakarta, Subang.(rls)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *