Pupuk Kujang Gelar Operasi Katarak Gratis untuk Masyarakat

  • Whatsapp

KARAWANG– Pupuk Kujang menggelar operasi katarak gratis untuk masyarakat. Sebanyak 50 orang lansia dari berbagai daerah mendapat layanan operasi katarak tersebut. Kegiatan itu merupakan salah satu dari banyak kegiatan sosial jelang HUT ke-49 Pupuk Kujang.

Sejak Selasa pagi, 4 Juni 2024, lansia dari berbagai daerah berbondong-bondong mendatangi Klinik Pupuk Kujang, salah satunya adalah Milawati (58 tahun). Ia adalah satu dari ratusan warga lanjut usia yang mengikuti operasi katarak gratis dalam rangka HUT ke-49 Pupuk Kujang.

Penyakit mata itu membuat Milawati mesti dituntun saat berjalan meski fisiknya masih tampak bugar, ia sudah mengidap katarak selama 4 tahun. Warga Purwasari itu baru bisa menjalani penanganan katarak setelah Pupuk Kujang mengadakan operasi katarak gratis.

Selain Milawati, ada juga Sapnyah (73 tahun) yang sudah 6 tahun mengalami katarak. Melalui operasi katarak gratis Pupuk kujang ini, akhirnya warga Pagadungan itu punya jalan untuk lepas dari penyakit tersebut. Ia mengaku antusias saat mendengar ada program operasi katarak gratis.

“Alhamdulillah akhirnya bisa ada jalan keluar untuk sembuh. Saya dan keluarga mengucapkan banyak terima kasih kepada Pupuk Kujang,” ujar Sapnyah.

Maryono, Direktur Utama Pupuk Kujang menuturkan, kegiatan ini dilakukan atas dasar hasil survey sosial. “Banyak masukan ke kita, masih ada masyarakat terutama lansia yang tidak bisa menikmati dunia karena katarak. Makanya kita lakukan ini untuk membantu masyarakat,” kata Maryono.

Selain menyasar warga sekitar, ujar Maryono, ada juga lansia yang datang dari luar kota untuk mengikuti operasi katarak gratis di Pupuk Kujang. “Bahkan ada yang daang jauh dari Cianjur. Hal itu dilakukan supaya para lansia ini bisa melihat dengan normal, melihat indahnya dunia juga kembali melihat wajah keluarganya dengan jelas,” kata Maryono.

Maryono menuturkan, dalam menggelar operasi katarak gratis ini, Pupuk Kujang bekerja sama dengan berbagai pihak. Termasuk dengan organisasi perempuan, Pertiwi Jawa Barat. “Kita lakukan kerja sama dengan berbagai pihak. Semoga operasi katarak gratis ini bisa membawa berkah bagi masyarakat dan perusahaan,” kata Maryono.
Operasi katarak gratis menggenapi berbagai kegiatan sosial dalam rangkaian acara HUT ke-49 perusahaan. Sejumlah kegiatan sosial yang menyasar banyak masyarakat telah dimulai sejak pertengahan Mei 2024.

Adapun kegiatan sosial yang telah digelar perusahaan mulai dari sunatan massal untuk 300 orang anak, donor darah sebanyak 250-an labu untuk masyarakat, hingga santunan untuk 700 orang anak yatim di Karawang.

“Kegiatan sosial ini merupakan tradisi perusahaan setiap ulang tahun. Hal ini kita teruskan karena Pupuk Kujang berkomitmen menjalankan kewajiban CSR dan berkontribusi positif bagi lingkungan dan masyarakat,” kata Maryono. (rls)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *