PLN UP3 Karawang Gelar TalkShow di Radio Sturada, Pastikan Pasokan listrik Andal Jelang Perayaan Idul Adha

  • Whatsapp

KARAWANG– Menyongsong perayaan Idul Adha 1445 H, Team Leader Keselamatan, Kesehatan Kerja Lingkungan dan Keamanan (K3L dan KAM) UP3 Karawang menggelar talkshow penuh inspirasi di Radio Sturada, sebuah stasiun radio pemerintah milik Kabupaten Karawang.

Pelaksanaan talkshow ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran akan keselamatan ketenagalistrikan dan memperkenalkan produk-produk layanan PLN kepada masyarakat. Kegiatan yang berlangsung pada tanggal 6 Juni 2024 ini merupakan kolaborasi antara TIM K3L & KAM UP3 Karawang, PLN ULP Cikampek dan Srikandi PLN.

Dalam talkshow ini, para narasumber dari PLN berbagi pengetahuan dan pengalaman mereka dalam menjaga keselamatan ketenagalistrikan, serta memperkenalkan berbagai inovasi produk layanan dari PLN, termasuk Aplikasi PLN Mobile. Dalam menghadapi perayaan Idul Adha 1445 H yang sebentar lagi tiba, narasumber juga memberikan tips dan saran tentang langkah-langkah yang dapat diambil untuk memastikan keamanan listrik, terutama dalam konteks penggunaan listrik yang meningkat selama perayaan ini.

Untuk meminimalisir gangguan yang mungkin terjadi sehingga pasokan listrik tetap andal dan aman saat perayaan Idul Adha, ada beberapa hal yang dapat dihindari oleh masyarakat umum antara lain : melakukan penebangan pohon, bambu, atau tanaman lainnya yang dekat dengan jaringan listrik tanpa koordinasi dengan PLN, membakar sampah dibawah jaringan listrik, memasang reklame, spanduk, baliho yang berjarak kurang dari 3 meter dengan jaringan listrik atau pada tiang listrik dan lain-lain.

Lebih lanjut Tim PLN menyampaikan bahwa potensi bahaya listrik bukan hanya berada pada daerah yang terdapat jaringan PLN tetapi di dalam rumah pun ada. Segala aktivitas warga yang berada di dekat jaringan PLN kami selalu himbau untuk memperhatikan jarak aman minimal 3 meter dari jaringan PLN. Sedangkan potensi bahaya listrik di dalam rumah dapat diantisipasi dengan melakukan pengecekan instalasi, menggunakan material instalasi sesuai standar, serta menggunakan peralatan listrik secara bijak seperti tidak menumpuk stop kontak, menggunakan stop kontak listrik yang berlebihan atau menumpuk, tidak melakukan pemeriksaan secara rutin instalasi rumah tangga dan lain-lain.

Tidak hanya tentang Keselamatan Ketenagalistrikan, PLN juga menjelaskan produk unggulan PLN berupa Aplikasi PLN Mobile yang memudahkan masyarakat dalam mendapatkan layanan kelistrikan. PLN menghimbau apabila masyarakat menemukan suatu keadaan berbahaya yang berpotensi gangguan listrik dapat segera melaporkan melalui aplikasi PLN Mobile yang dapat di unduh melalui Playstore maupun AppStore.

Imam Ahmadi selaku Manager PLN UP3 Karawang menyampaikan “Kami sangat bangga atas kolaborasi tim PLN dengan Radio Sturada sehingga kesuksesan talkshow ini dapat memberikan wawasan berharga kepada masyarakat Karawang tentang pentingnya keselamatan ketenagalistrikan terutama jelang perayaan Idul Adha 1445 H dan inovasi produk layanan PLN berupa aplikasi PLN Mobile,” terang Imam.

Di Bandung, General Manager PLN UID Jawa Barat Susiana Mutia mendukung kegiatan edukasi kelistrikan melalui talkshow di Radio-radio dan mengajak seluruh masyarakat untuk peduli terhadap bahaya kelistrikan. Lebih lanjut Susiana menyampaikan perlu ditingkatkan kerjasama dengan berbagai pihak untuk meningkatkan kesadaran publik dalam penggunaan listrik yang aman.(rls)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *