Sambut Idul Adha, Pupuk Kujang Salurkan Hewan Kurban untuk Masyarakat

  • Whatsapp

KARAWANG– Pupuk Kujang Cikampek anggota holding Pupuk Indonesia (Persero) menyalurkan hewan kurban yang didistribusikan di Kabupaten Karawang dan Purwakarta, Jawa Barat.

Penyaluran hewan kurban itu merupakan agenda rutin perusahaan dalam rangka Hari Raya Idul Adha.

Selain menjalankan syariat, program ini merupakan wujud penerapan tanggung jawab sosial dan lingkungan dalam pilar sosial.

“Penyaluran hewan kurban ini merupakan salah satu bentuk kontribusi perusahaan untuk masyarakat di hari raya Idul Adha 1445 hijriyah,” ujar Maryono, Direktur Utama Pupuk Kujang, Ahad, 16 Juni 2024.

Maryono menuturkan, penyaluran hewan kurban ini merupakan bentuk sinergi perusahaan sekaligus bentuk silaturahmi dengan masyarakat, pemerintah dan pemangku kepentingan yang selalu mendukung Pupuk Kujang.

Fika Hikmaturrahman, Ketua Panitia Kurban Pupuk Kujang mengatakan, tahun ini, perusahaan menyalurkan 42 ekor hewan kurban terdiri dari 32 ekor sapi dan 10 ekor domba. Sejumlah hewan kurban akan didistribusikan ke 9 dusun di Cikampek dan sejumlah wilayah di Purwakarta.

“Dalam mendistribusikan hewan kurban ini, Pupuk Kujang bersinergi dengan Pemda Karawang, DPRD, polres dan Dandim 0604, juga Polsek Cikampek dan Danramil Cikampek,” ungkap Fika, usai menyerahkan hewan kurban di Pemda Karawang, Sabtu, 15 Juni 2024.

Fika memastikan hewan kurban yang disalurkan telah bebas dari penyakit mulut dan kaki. Sebelum mendistribusikan hewan kurban tersebut, ujar Fika, Panitia dari Pupuk Kujang telah menyeleksi hewan kurban pilihan.

“Hal itu dibuktikan dengan surat keterangan sehat hewan kurban dari instansi terkait,” kata Fika.

Adapun seluruh hewan kurban ujar Fika, akan diproses sesuai syariat melalui sejumlah rumah pemotongan hewan dan jagal yang telah memegang sertifikat. “Hewan kurban yang dipotong di Cikampek akan dibagi menjadi ribuan kantung daging kurban yang dibagikan mulai besok,”kata Fika.

Fika mengatakan, seluruh insan Pupuk Kujang berpartisipasi aktif di momen Idul Adha tahun 2024 ini. Sejumlah karyawan termasuk jajaran direksi juga menjadi sohibul qurban dan ikut menyumbangkan hewan kurban pilihan.

“Mudah-mudahan hewan kurban ini menjadi berkah bagi semuanya,” kata Fika.

Pemerintah Daerah Karawang mengapresiasi program itu, Asisten Daerah Bidang Pemerintahan dan Kesra, Kabupaten Karawang, Eka Sanatha mengucapkan terima kasih kepada sejumlah perusahaan termasuk Pupuk Kujang yang telah bersinergi di hari raya Idul Adha tahun ini. “Terima kasih kepada perusahaan yang mempercayakan kepada kami untuk menyalurkan hewan kurban ke masyarakat,” ujar Eka.

Ia menuturkan seluruh hewan kurban yang akan disalurkan telah diperiksa oleh ratusan petugas pemeriksa hewan kurban termasuk dokter hewan dari Bidang Peternakan Dinas Pertanian dan Ketahanan Karawang. (rls)

 

  • Whatsapp

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *